Andita Minarska Foto-foto Istimewa

Andita Minarska

Bercerita Soal Album dan Dukungan Keluarga

 

Penyanyi berdarah campuran Aceh-Batak dan Padang ini memilih aliran musik pop-jazzy dalam karirnya. Andita Minarska tumbuh dari keluarga yang memang sangat mencintai seni. Bakatnya berasal dari Ibu yang seorang pianis dan ayahya yang seorang gitaris. Dari kecil sudah senang menyanyi, meski dirinya tidak bisa memainkan musik, Andita kecil  lalu mengawali karirnya dan belajar nyanyi sejak kelas 3 SD. Setelah beberapa waktu berlalu, di tahun 2014 ia melakukan langkah besar lewat solo karir. Sebelumnya, Andita adalah member dari choir “Voice Indonesia by Rio Silaen” dan sering melakukan performs bersama groupnya tersebut.

Pelajaran menyanyi didapatnya sejak memiliki album TLC yang pada waktu itu sedang booming. Lagu-lagu dari group vocal beraliran R&B Soul tersebut dihapal dan coba dinyanyikannya. Secara kebetulan sekolahnya sering diadakan acara-acara musik, sehingga Andita kecil selalu ikut serta dalam acara musik sekolah.

Peran kedua orang tuanya  sangat berpengaruh dalam menentukan jenis musik Andita. Lewat sang ayah, dirinya diperkenalkan dengan beberapa genre seperti rock, blues ataupun jazz sampai lagu-lagu Boardway. Namun pilihannya jatuh kepada musik Jazz, terutama dari sang ibu yang selalu memberikan keyakinan yang luar biasa.  Juga tak henti menciptakan lagu untuknya yang sarat oleh sentuhan jazz dan blues.

Lewat support keduanya, akhirnya Andita berhasil  meluncurkan album pertama yang berjudul “Wanita Ingin Diingini”. Ini juga merupakan salah satu judul lagu yang ada dalam album ini yang dijadikan first single pada awalnya. Lagu ini mewakili isi album secara keseluruhan dan sangat mewakili perempuan pada umumnya. Lagu ini dijadikan first single dan diciptakan oleh Andita dengan aransemen musiknya digarap oleh Teffy Mayne.

"Sebelum dijadikan first single aku melakukan survey kecil-kecilan dilingkungan teman, saudara, relasi dan keluarga besar. Lagu ini juga merupakan inspirasi dari keinginan setiap perempuan disekeliling aku, yang ingin dicintai oleh pasangan mereka serta ingin lebih "dilihat". Juga merasa lebih dihargai oleh pasangannya tanpa perlu diucapkan dengan kata-kata" jelas Andita mengenai alasannya menjadikan lagu ini first single.

2Foto-foto YDhew

Berikut bincang-bincang NewsMusik bersama Andita, yang berkesempatan wawancara secara khusus dikediamannya belum lama ini.

Hai Andita
Hai NewsMusik

Ceritain dong awalnya suka musik, passion bermusik dapat dari sekolah atau dari mana?
Aku mulai bernyanyi sejak SD dan sering manggung untuk nyanyi awalnya, tetapi senang musik memang
dari orang tua. Kakakku juga main drum, aku dan adiku cuma senang nyanyi. Pernah juga sih, iseng main
musik bareng. Tapi hanya untuk kalangan keluarga saja.

Referensi musik didapat dari siapa?
Dari mama sama papa. Kalau dari mama memperkenalkan musik pop kadang juga jazz. Kalau papa semua jenis musik.

Cerita dong mulai ngeband sejak kapan?
Aku mulai manggung dan nge band sebetulnya sejak SMP. Sudah perform sejak jamannya Andien dulu belum terkenal seperti sekarang, pernah juga manggung bareng. Kebetulan pada waktu itu SMP Al-Ihzar berkunjung waktu ada acara musik disana. Pada waktu itu aliran bandnya belum terlalu jazz banget.

Sempat vakum pada waktu kuliah, bertemu dengan salah satu teman sekelas yang kebetulan menjadi backing vokal The Samsons. Aku diminta bantuan menjadi backing vocal mereka apabila mereka manggung. Untuk meramaikan saja sebetulnya. Habis itu vakum lagi bernyanyi.

Mulai bermusik lagi sejak menikah dengan membuat wedding akustik bersama suami yang kebetulan mempunyai background bermusik sebagai drummer. Sempat vakum setelah melahirkan anak pertama dan vokus mengurus anak. Cuma mama menyarankan untuk menyanyi, dari situ pada tahun 2009 mama meminta aku menyanyi dan sempat maju mundur karena belum menemukan arranger yang cocok untuk lagu aku.

Tahun 2013 kakak sepupuku memperkenalkan Voice of Indonesia, sempat ikut audisi dan akhirnya diterima. Gak terlalu lama juga ikut mereka, terakhir itu ikut acara Mini Broadway di salah satu mall di Jakarta. Akhirnya berhenti karena anakku yang pada waktu itu sudah mulai sekolah dan sering ditinggal.

Setelah vakum dari Voice of Indonesia dan mengurus anak, momen apa tiba-tiba yang membuat Andita mengeluarkan album?
Berawal dari mama yang selalu meminta untuk membuat album. Juga suami yang meminta untuk menyanyi lagi. Akhirnya dipenghujung tahun 2014 bertemulah dengan Teffy Mayne, yang selanjutnya menggarap aransemen musiknya. Kebetulan juga mama sudah punya beberapa stock lagu untuk album tersebut. Awalnya kita sepakat untuk membuat mini album terlebih dahulu.

Waktu pembuatan mini album ada keterlibatan dengan labelkah?
Nggak, kita memang tidak bergabung dengan label pada waktu itu. Alasannya krena takut kecewa nanti apabila pendengar tidak suka lagu-lagunya.

3Foto-foto YDhew

Berapa lama proses pembuatan mini albumnya?
Cepat juga pada waktu itu. Kita kirim lagu lalu dicek dan dipilih oleh bang Teffy, disesuaikan dengan usiaku pada waktu itu dan juga warna lagunya yang cocok dengan karakter vokal aku. Dari situ mulai rekaman lagu satu persatu, dengan mama yang produseri mini albumnya. Pada awal rekaman jadi 5 lagu, dan sempat juga dikirim ke salah satu radio dan hampir 1 tahun tidak diputar lagunya.

Dari mini album tersebut, judulnya apa saja?
‘Wanita Ingin Diingini’, ‘Bersinar’, ‘Jatuh Cinta’, ‘Cukup Sudah’ dan ‘Kutunggu Pujianmu’.

Kapan launching mini albumnya pada waktu itu?
Belum sempat launching mini albumnya, karena mama masih punya stock 5 lagu lagi. Akhirnya sekalian rekaman 2-3 take vocal. Yang agak lama adalah membuat musiknya karena kita nggak mau karya yang asal jadi. Harus dicocokan benar dengan warna vokal aku. Sekalian dibuat album yang launching tanggal 23 Juni 2015.

Kenapa memilih aliran Pop Jazzy?
Aku tidak memilih jazz banget waktu itu alasannya karena telinga orang Indonesia sebagian masih belum dapat menerima musik jazz. Juga tidak terlalu nge pop karena terlalu mainstream.

Sempat latihan vokal atau sekolah vokal nggak?
Aku pernah belajar vokal secara private dengan mas Arif, salah satu guru di Elfa Secioria dan itu juga belajarnya setelah melahirkan anakku. Cuma terhenti karena jarak rumah dengan tempat aku berlatih vokal cukup jauh. Akhirnya aku belajar vokal sendiri yang didapat dari  di internet dan YouTube.

Sejauh mana keterlibatan mama dalam album ini?
Peran dan keterlibatan mama sangat besar. Awal mulanya juga mama yang semangat dan mendorong aku untuk bernyanyi. Alasannya karena sayang dengan talenta aku yang tidak dimanfaatkan. Untuk lagu juga peran mama sangat besar karena kebanyakan mama yang menciptakan lagunya. Produser juga semuanya mama.

Lagu yang sudah jadi dan diciptakan oleh mama itu semua asli dari karangan aslinya?
Nggak juga, ada beberapa lirik lagu yang dibuat mama ada beberapa yang dirivisi. Karena mama ciptainnya secara spontan, jadi apabila kepanjangan  beberapa bait pasti dipotong. Teknisnya hanya susunan liriknya yang dirubah.

Dalam album ini adakah  lirik lagu yang diciptakan oleh Andita sendiri?
Kalau untuk lagu yang aku buat sendiri itu judulnya ‘Wanita Ingin Diingini’ dan ‘Bersinar’.

Kalau boleh tau dua lagu tersebut terinspirasi dari apa?
Untuk lagu ‘Wanita Ingin Diingini’ lebih terinspirasi dari pengalaman perempuan sebetulnya. Ada beberapa dari pengalaman pribadi maupun teman-teman juga. Kalau ‘Bersinar’ lebih sebagai motivasi  buat aku sebetulnya, karena pada waktu itu aku  merasa dengan usia sekarang ini bisa nggak ya berkarya. Tapi Alhamdulillah, dengan niat ada aja jalannya. Lagu ini juga dibuat untuk memotivasi siapapun untuk selalu percaya pada kekuatan sang Maha Pencipta.

Sebetulnya yang lebih mengena lagi yang berjudul ‘Jangan Putus Asa’. Lagu ini dibuat mama karena melihat aku yang tidak berani memulai dan ragu-ragu untuk membuat album ini.

4Foto-foto Istimewa

Ada kesulitan nggak membagi waktunya sebagai ibu rumah tangga dengan jadwal manggung?
Biasanya kalau dapat jadwal manggung yang besoknya hari sekolah aku bagi tugas dengan suamiku. Tapi apabila besoknya hari libur aku selalu bawa anakku ikut.

Pernah punya keinginan gak untuk kerja sama dengan label?
Sempat juga kepikiran sih untuk kerjasama dengan label, karena dilihat lebih enak masuk label. Cuma pertimbangannya pada waktu yang harus mengikuti dari label. Pertimbangan lainnya takut kalau laguku tidak bisa mereka terima. Sebetulnya kekhawatiran terbesar adalah jadwal yang nantinya tidak bisa aku bagi untuk keluarga terutama untuk anak.

Ceritanya bisa kerjasama dengan Demajors?
Sebetulnya waktu itu sudah sempat sounding ke mas David Karto,. Cuma pada waktu itu baru bisa diterima kalau albumnya sudah jadi. Pada saat launching, mas David datang sebagai undangan dan  langsung menawarkan kerjasama.

Kenapa memilih  ‘Wanita Ingin Diingini’ sebagai judul album dan juga digunakan sebagai single hits?
Lagu ini dipilih sebagai karakter single , dari judulnya aja udah aneh. Untuk mengucapkannya aja susah. Sebetulnya kepingin sesuatu yang beda dan gampang diingat orang. Judul lagu yang lainnya juga tidak dipilih karena dari segi judul sudah terlalu mainstream.

Apa menurut Andita perbedaan Indie dengan Major Label ?
Menurut saya Indie Label bisa lebih fleksibel dalam hal jadwal dan waktu manggung. Juga pembagian hasilnya lebih make sense. Karena saya belum pernah kerjasama di Major Label dan cuma dengar-dengar saja sebetulnya pembagiannya biasanya lebih banyak untuk label, tetapi juga tergantung dari bentuk kerjasamanya menurut aku.

Ada rencana untuk duet bersama mama atau adik (Risty Tagor)?
Pingin banget, malah apalagi sama mama, kalau sama adik sudah pernah sebetulnya di albumnya dia. Waktu itu pernah kerjasama barter duet.

Untuk saat ini ada keinginan untuk manggung sama siapa, terutama untuk untuk kamu pribadi. Juga  musisi yang sangat berperan penting dalam karir bermusik kamu?
Aku kepingin banget nyanyi bareng dengan Ermy Kulit, Vina Panduwinata, karena penasaran banget dengan lagu-lagu mereka. Terutama karena mereka dari generasi yang berbeda. Lagu dan warna musiknya juga simple banget, kagum juga dengan suara mereka.

Apa harapan kamu kedepannya?
Aku ingin menciptakan karya orisinil yang diharapkan dapat diterima oleh masyarakat. Bagiku menyanyi adalah memberi kebahagiaan kepada orang-orang tercinta yang ada di sekitarku.

Baiklah Andita, semoga keinginan untuk berduet dengan salah satu musisi terbaik di tanah air segera terwujud, dan sukses juga untuk albumnya serta karir bermusiknya./ YDhew

Share this article

Leave your comments

Post comment as a guest

0 / 300 Character restriction
Your text should be in between 10-300 characters
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found